Minggu, 21 Agustus 2011

Beda Perempuan dengan wanita

Beda Perempuan dengan Wanita
by Khairul Azmi

Saya masih teringat dengan dua kata ini perempuan dan wanita . Dua kata ini ikut memberikan inspirasi besar dalam membuat puisi Mereka Perempuan Bukanlah Wanita . Sekitar 6 tahun yang lalu waktu itu saya masih kelas 3 SLTP guru bahasa indonesia saya pernah mengatakan perbedaan dua kata ini .

Saya waktu itu sedang belajar tentang makna kata . Saya yakin tentu sobat-sobat paham betul dengan makna kata ini seperti peyorasi , ameliorasi , perluasan dan penyempitan makna kata . Nah ternyata kata perempuan mengalami peyorasi ( ket : makna yang dahulu lebih baik dari makna yang sekarang ) . Hal itu terjadi karena sewaktu indonesia di jajah oleh belanda kaum perempuan indonesia banyak yang tertindas . Tidak sedikit yang dilecehkan . Banyak diantara mereka menjadi korban si lelaki hidung belang.

Setelah indonesia merdeka makna kata perempuan masih tetap mengalami sisi negatif . Untuk itu para pakar bahasa indonesia mencoba memahami hal ini dan mencarikan solusi . Alhamdullilah soluisipun ditemukan . Para ahli bersepakat unutk mencari kata baru yang maknanya sama dengan perempuan dan akan di terima sebagai kata bahasa indonesia . Akhirnya  ditemukanlah kata wanita yang berasal dari watina yang artinya sapi betina . 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar